Tahapan Kerusakan Hati Akibat tidur begadang dan bangun terlalu siang

shares |

Tahapan Kerusakan Hati Akibat tidur begadang dan bangun terlalu siang
Tahapan Kerusakan Hati Akibat tidur begadang dan bangun terlalu siang - Kali ini berita mengejutkan datang dari dunia kedokteran karena ditemukannya kasus seorang dokter muda berusia 37 tahun yang begitu mempercayai hasil pemeriksaan fungsi hati tetapi ternyata diketahui dia positif menderita kanker hati sepanjang 10 cm.

Selama ini masyarakat dan para dokter mempercayai hasil indeks pemeriksaan fungsi hati (Liver Function Index,red) jika hasil index normal berarti tidak ada masalah,padahal itu hal yang keliru.

Sangat mengejutkan,para dokter seharusnya memiliki ilmu yang baik,tidak ada jalan lain kecuali mendeteksi dan mengobatinya sedini mungkin,"ujar dokter Hsu Chin Chuan.

Salah satu penyebab kanker hati sulit untuk disembuhkan adalah masih adanya dokter yang keliru dalam memandang cara mengobati kanker hati yang benar dan tepat.

Seperti seorang pasien dokter Hsu yang mengeluh, bahwa selama satu bulan terakhir sering mengalami sakit perut dan berat badannya turun sangat banyak. Setelah dilakukan pemeriksaan supersound, baru ditemukan adanya kanker hati yang sangat besar, hampir 80% dari livernya (hati) sudah termakan habis.
Pasien pun begitu terkejut, Bagaimana mungkin ? ucapnya."

Bagaimana bisa hanya dalam waktu satu tahun yang relatif singkat bisa tumbuh kanker hati yang demikian besar ? padahal satu tahun yang lalu dia baru saja melakukan medichal checkup dan hasilnya normal,berarti baik-baik saja.

Ternyata ada yang salah dalam melakukan medichal check-up yang dilakukan,karena hanya memeriksa fungsi hati. Hasil pemeriksaan juga menunjukkan "normal". Pemeriksaan fungsi hati adalah salah satu item pemeriksaan hati yang paling dikenal oleh masyarakat. Tetapi item ini pula yang paling disalahpahami oleh masyarakat kita.


Dokter Hsu mengatakan, Hal yang menyebabkan kandungan GOT dan GPT di dalam darah meningkat karena GPT dan GOT adalah enzim yang paling banyak ditemui di dalam sel-sel hati. Bila terjadi radang hati atau karena satu dan sebab lainnya sehingga sel-sel hati akan mati, maka GOT dan GPT akan lari keluar.

Tetapi tidak adanya peningkatan angka GOT dan GPT, bukan berarti tidak terjadi pengerasan pada hati atau tidak adanya kanker hati.Bagi penderita kanker hati didalam liver (hati) mereka sudah mengeras.
Dengan terbentuknya pengerasan hati, maka akan mudah sekali untuk timbul kanker hati. Selain itu, pada stadium awal kanker hati.

Karena kerusakan masih daam skala kecil, maka angka GOT dan GPT mungkin masih dalam batas normal, Jika naik pun tidak akan terjadi kenaikan yang tinggi.

8 Penyebab-penyebab kerusakan hati adalah :
1.Tidur terlalu malam dan bangun terlalu siang adalah penyebab paling utama.
2.Tidak buang air di pagi hari.
3.Makan Terlalu berlebihan.
4.Tidak sarapan pagi
5.Banyak mengkonsumsi obat-obatan.
6.Terlalu banyak mengkonsumsi bahan pengawet, zat tambahan, zat pewarna, pemanis buatan.
7. Minyak goreng yang tidak sehat.
8. Mengkonsumsi masakan mentah (sangat matang) juga menambah beban hati. Sayur mayur dimakan mentah atau dimasak matang 3 - 5 bagian. Sayur yang digoreng harus dimakan habis saat itu juga, jangan disimpan.

Cara terbaik untuk mengobati bagi penderita kanker hati adalah jangan melakukan penyebab utama kerusakan hati yang telah dibahas diatas dan bagi yang tidak terkena penyakit kanker hati bisa dengan mencegah dengan cara tidur tepat pada waktunya dan bangun pagi paling lama jam tujuh pagi.
Semoga bermanfaat.

Related Posts