Jokowi Datang Ke Arab, Kuota Haji Indonesia Nambah 10.000

shares |

Jokowi Datang Ke Arab, Kuota Haji Indonesia Nambah 10.000

Indonesia mendapat hadiah kuota haji tambahan sebanyak 10.000 orang dalam lawatan Presiden Jokowi ke Arab Saudi. Kementerian Agama mengaku terkejut senang atas hasil kunjungan Jokowi ini.

"Itu surprise karena kondisi haram masih dalam tahapan renovasi saat ini," kata Dirjen Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) Abdul Djamil di Kantor Urusan Haji Idonesia Daker Makkah, Minggu (13/9/2015).

Soal total kuota pada musim haji 2016 setelah adanya hadiah ini, Abdul Djamil masih belum bisa mengatakannya. Sebab angka itu baru akan keluar setelah ada MoU antara pihak Indonesia dengan kementerian haji Arab Saudi menjelang musim haji dimulai.

"Harus menunggu MoU soal kuota. Biasanya nanti menjelang musim haji perwakilan tiap negara diundang membahas macam-macam antara lain soal kuota. Pengalaman-pengalaman sebelumnya itu MoU pada bulan April," jelasnya.

Saat ini kuota haji Indonesia sebanyak 168.800 orang, dikurangi 20 persen dari kuota seharusnya sebesar 211.000 orang. Rencananya pada tahun depan renovasi Masjidil Haram akan selesai dan kuota haji Indonesia bakal normal kembali.
--detiknews-

Related Posts