Ketahuilah Manfaat Berjenggot di dunia Hingga Akhirat Kelak

shares

BAGI seorang muslim yang menjadi pengusung sunnah, memelihara jenggot merupakan salah satu wujud ketaatan pada Allah Ta’ala dan Rasul-Nya.

Sebab dengan ketaatan, seorang muslim mengharap ridha dan cinta Rabb-Nya. Dan dengan ridha dan cinta dari Pemilik hidup, maka bahagialah hidup ini.
lelaki-jenggot-490x327
Berjenggot bukanlah hal baru. Sunnah Nabi ini telah dikenal dan dilaksanakan kaum muslim dari masa ke masa. Hadits tentang sunnah Nabi ini juga banyak bertebaran.

Meski di kekinian berjenggot seringkali mendapat cap buruk semisal teroris, fanatik dan sejenisnya. Namun ternyata, beberapa penelitian terbaru justru menemukan fakta menarik memelihara jenggot. Bagi pria yang memelihara jenggot ada beberapa manfaat luar biasa yaitu :

1. Jenggot pelindung paparan Ultraviolet

Dari hasil penelitian University Of Southern Queensland, jenggot ternyata mampu melindungi 95 persen kulit wajah yang rentan terpapar sinar UV. Dengan begitu, jenggot bermanfaat mencegah risiko terjadinya kanker kulit.

2. Jenggot Menghambat Proses Penuaan Pada Kulit

Kulit yang tertutup jenggot, akan terlihat lebih muda. Rambut pada kulit akan membuat aliran air berhenti lebih lama, sehingga kulit akan terjaga kelembabannya. Sebagaimana kita tahu, kebanyakan pria tak terlalu senang menggunakan pelembap, krim apalagi bedak.

Di samping itu, jenggot melindungi kulit dari terpaan angin penyebab kulit kering juga dari debu dan kotoran yang terbawa angin penyebab kulit kusam.

3. Jenggot, menjadi perangkap sumber alergi

Jenggot sama fungsinya seperti rambut dalam hidung, yang berfungsi menangkap kotoran dan sumber polusi yang sangat berbahaya bagi tubuh. Dengan fungsinya sebagai penahan debu juga polutan ini, jenggot bermanfaat mencegah terjadinya penyakit asma.

4. Jenggot, mempercepat penyembuhan penyakit flu dan batuk.

Suhu dingin seringkali mempengaruhi timbulnya pilek, batuk dan influenza. Jenggot tebal di bawah dagu dan leher sangat membantu menjaga suhu pada leher tetap hangat, hingga akan membantu penyembuhan berbagai penyakit sindrom dingin tersebut.

5. Jenggot, membuat pria lebih menarik dan maskulin.

Hasil riset yang dipublikasikan evalution and human behavior, menyebutkan pria berjenggot dianggap lebih maskulin dan lebih menarik di mata wanita.

Begitulah di balik setiap perintah Allah Ta’ala selalu ada hikmah dan manfaat untuk manusia.

Namun, yang terpenting meski memelihara jenggot banyak manfaatnya dari segi kesehatan, hendaklah perbuatan itu dilakukan semata-mata karena mengharapkan pahala dan ridha Allah Ta’ala. Sehingga manfaat yang didapatkan kekal hingga di akhirat kelak. []
Via : Liqonet

Related Posts