Wow! Ternyata Ada Ikan Yang Bisa Memanjat, Penasaran? Inilah Ikan Tersebut

shares |


Hewan kecil aneh yang hidup didarat serta dapat memanjat pohon itu namanya tembakul, di tempat lain barangkali bernama belacak atau belodog, ia yaitu sejenis ikan kecil yang memanglah bisa hidup di daratan, terlebih di tempat berlumpur atau berair dangkal, di muara dengan tepian berlumpur atau rawa rimba bakau. Ikan ini ada di tempat tropis, panjang tubuhnya anatara 5 hingga 15 cm. Sekurang-kurangnya ada 40 spesies tembakul yang sudah diketahui.




Jika lihat penampakan ikan tembakul amatlah khas, di mana ke-2 matanya menonjol serupa katak dan sirip belakang yang menawan. Keahlian yang dimiliki oleh ikan yang satu ini tak hanya bisa bertahan hidup lama di darat, ia bisa memanjat pohon, pelompat jauh serta layaknya kapal selam, berbadan layaknya torpedo serta matanya layaknya periskop tuh layaknya ikan militer.




Dikarenakan kebiasaannya dapat hidup di air serta di luar air, hewan ini pasti memiliki cara bernapas yang spesial. Bila ada didalam air tembakul bernapas dengan insangnya layaknya ikan biasa, memasukkan air ke didalam mulut, lantas melewatkannya melewati insang yang mengekstrak oksigen yang terlarut didalam air. Oksigen tersebut diserap ke didalam darahnya.

Tetapi tidak sama dengan ikan biasa, tembakul tidak dapat tinggal didalam air untuk periode waktu yang lama. Tembakul semakin banyak tinggal di luar air, ia menggunakan waktunya 75 hingga 90% ada di luar air. Tembakul dapat isi area insangnya dengan campuran hawa serta air waktu ia ada didalam air sebelum saat keluar ke permukaan air. Dalam perihal ini, insangnya berperan sebagai tangki oksigen, hingga darahnya terus memperoleh oksigen waktu ia ada di darat. Tembakul bisa menaruh air didalam area insang yang digembungkan waktu keluar dari air hingga insangnya cukup basah. Sistem layaknya ini membasahi insang sepanjang tembakul berdiam berjam-jam di hawa terbuka.




Saat keluar dari air insangnya mulai mengering serta lengket satu sama lain, hingga tembakul mempunyai satu rongga spesial di belakang telinganya di mana rongga tersebut menaruh air laut. Waktu ia memutar matanya, rongga tersebut memperoleh tekanan serta ini berikan oksigenisasi kembali air yang tersimpan tersebut, melumasi kelopak insangnya serta mengembalikan manfaat normal insangnya.

Namun tembakul bisa betul-betul menghirup hawa. Ia bisa menyerap oksigen di hawa melewati membrane yang kaya darah di belakang mulut serta tenggorokannya ( rongga buccopharyngeal ). Ia juga menyerap hawa melewati kulitnya yang mempunyai banyak pembuluh darah kapiler, sepanjang kulitnya terus basah. Inilah penyebab kenapa ia kerap berguling di genangan air serta melindungi ekornya terus didalam air. Tembakul juga mesti dengan berkala isi kembali air didalam area insangnya hingga ia tidak dapat ada jauh dari air.

Ikan tembakul/ikan yang dapat hidup didarat ini mempunyai mata yang istimewa. Tembakul mempunyai mata menonjol yang terdapat berdekatan diatas kepalanya. Tidak sama dengan ikan yang lain, tembakul senang berenang dekat permukaan air, matanya bisa lihat ke semua arah. Waktu berenang dekat permukaan air, matanya menonjol diatas permukaan air sedangkan tubuhnya safe dibawah permukaan air, hingga tembakul bisa lihat diatas permukaan air serta dibawah permukaan air dengan berbarengan. Waktu tembakul keluar dari air, ia melindungi matanya terus basah gerakkannya memutar ke belakang ke rongga mata setiap waktu untuk direndam didalam air yang tertampung dibawah lekuk matanya. Tembakul barangkali hanya satu ikan yang mempunyai kelopak mata yang bisa digerakkan.

Yang unik dari sirip ikan yang dapat hidup didarat ini yaitu dapat berperan sebagai kaki untuk jalan. Tembakul jalan gunakan sirip dadanya. Sirip ini memiliki otot layaknya lengan, tetapi ia tidak menggerakkan sirip ini dengan berganian layaknya kita jalan. Ia melompat kecil dengan terus melindungi tubuhnya kemudian menyentakkan diri ke daepan. Ia jalan meninggalkan jejak tubuh serta siripnya di lumpur. Sirip dipakai untuk jalan di lumpur serta didalam air, sirip ini dipakai untuk jalan di darat serta didalam air.





Tembakul bisa melompat melekukkan tubuhnya pada satu segi serta lantas dengan tiba-tiba menjentikkan tubuhnya yang berotot kuat, tembakul bisa melompat sejauh 60 cm sekali lompatan. Ekornya memberikan kemampuan untuk bergerak. Ia juga bisa meluncur di lumpur serta diatas permukaan air. Banyak type tembakul mempunyai sirip panggul spesial yang beradaptasi dengan melakukan tindakan layaknya penghisap untuk menahan tubuhnya pada permukaan vertikal. Sesaat ia menggunakan sirip dadanya yang serupa tangan untuk menarik serta mendorong tubuhnya waktu memanjat. Lewat cara ini ia dapat merangkak naik ke atas akar atau batu.




Ikan tembakul terhitung pemburu yang hebat. Mulut yang memiliki bentuk aneh amat baik untuk menangkap serangga serta apalagi kepiting kecil. Ia juga memiliki gigi yang tajam untuk menangkap mangsa berbentuk serangga, cacing pasir, siput, kerang, serta krustasea. Tembakul menyambar mangsa kecil dengan amat cepat. Waktu mengejar siput, ia menungu hingga moluska tersebut seutuhnya keluar dari cangkangnya, lantas ia menarik tubuh mangsanya keluar dari cangkangnya. Waktu ikan tersebut menelan mangsanya, air serta hawa yang vital didalam area insangnya hilang keluar. Tembakul mesti masuk ke air untuk isi kembali insangnya.

Tembakul amat melindungi tempat area tinggalnya, bila ada seekor tembakul lain yang mendekati sarangnya, ia dapat mengusirnya dengan membentangkan sirip punggungnya serta menggembungkan area insangnya untuk memaksimalkan ukuran badannya untuk mengusir pengganggu agar pergi. Serupa banget dengan katak yang lagi bernyanyi..

Pada waktu berkembang biak, ikan tembakul bikin sarang yang didalam di lumpur. Ia menggali liang eduk lumpur menggunakan mulutnya. Dekat jalur masuk dia membuat dinding sehinga dapat senantiasa ada kolam air diatas jalur masuk pada waktu surut. Besarnya diameter terowongan nyaris sama juga dengan diameter tubuh tembakul namun di permukaan, jalur masuk diameternya dibuat melebar. Liang bisa meraih kedalaman 1 meter terkadang satu liang dibuat lebih dari satu jalur masuk.

Tembakul beretelur didalam sarang. Dikarenakan tak ada oksigen didalam liang, tembakul isi liang tersebut dengan hawa dengan menelan hawa menggunakan mulut serta membawanya ke didalam liang. Telur ditempatkan di satu ruangan di ujung liang, larva yang sudah menetas dari telur terus ada didalam liang hingga tubuhnya beralih jadi wujud tembakul prima.

Sungguh menakjubkan ciptaan Allah. Ikan tersebut dapat memanjat sutu pohon atau batu serta dia bisa berjalan di atas tanah. Ikan ini termasuk ikan satu-satunya yang dapat memanjat pohon. Masih ada banyak hewan yang unik lainnya.

Related Posts