Kamus Bahasa Gaul - Prokem Bontang, Yuk Ikut Tambahi Kosakata nya.......

shares |

Bontang , ya Bukan samarinda ataupun balikpapan.Meskipun ketiga daerah ini masih dalam satu wilayah propinsi, tapi dalam urusan Bahasa Daerah ataupun bahasa Prokem yang biasanya hanya "di kenali" atau di gunakan oleh daerah tersebut memiliki beberapa perbedaan, meskipun tidak sedikit yang sama.

Bahasa prokem atau Bahasa gaul adalah ragam bahasa Indonesia nonstandar yang lazim digunakan di Jakarta pada tahun 1970-an yang kemudian digantikan oleh ragam yang disebut sebagai bahasa gaul. Bahasa prokem ditandai oleh kata-kata Indonesia atau kata dialek Betawi yang dipotong dua fonemnya yang paling akhir kemudian disisipi bentuk -ok- di depan fonem terakhir yang tersisa. Misalnya, kata bapak dipotong menjadi bap, kemudian disisipi -ok- menjadi bokap. Diperkirakan ragam ini berasal dari bahasa khusus yang digunakan oleh para narapidana. Seperti bahasa gaul, sintaksis dan morfologi ragam ini memanfaatkan sintaksis dan morfologi bahasa Indonesia dan dialek Betawi.

Bahasa prokem Indonesia atau bahasa gaul atau bahasa prokem yang khas Indonesia dan jarang dijumpai di negara-negara lain kecuali di komunitas-komunitas Indonesia. Bahasa prokem yang berkembang di Indonesia lebih dominan dipengaruhi oleh bahasa Betawi yang mengalami penyimpangan/ pengubahsuaian pemakaian kata oleh kaum remaja Indonesia yang menetap di Jakarta.

Kata prokem sendiri merupakan bahasa pergaulan dari preman. Bahasa ini awalnya digunakan oleh kalangan preman untuk berkomunikasi satu sama lain secara rahasia. Agar kalimat mereka tidak diketahui oleh kebanyakan orang, mereka merancang kata-kata baru dengan cara antara lain mengganti kata ke lawan kata, mencari kata sepadan, menentukan angka-angka, penggantian fonem, distribusi fonem, penambahan awalan, sisipan, atau akhiran. Masing-masing komunitas (daerah) memiliki rumusan sendiri-sendiri. Pada dasarnya bahasa ini untuk memberkan kode kepada lawan bicara (kalangan militer dan kepolisian juga menggunakan).

Contoh yang sangat mudah dikenali adalah dagadu yang artinya matamu. Perubahan kata ini menggunakan rumusan penggantian fonem, dimana huruf M diganti dengan huruf D, sedangkan huruf T diubah menjadi G. Sementara huruf vokal sama sekali tidak mengalami perubahan. Rumusan ini didasarkan pada susunan huruf pada aksara jawa yang dibalik dengan melompati satu baris untuk masing-masing huruf. Bahasa ini dapat kita jumpai di daerah Yogyakarta dan sekitarnya.

Belakangan ini bahasa prokem mengalami pergeseran fungsi dari bahasa rahasia menjadi bahasa pergaulan anak-anak remaja. Dalam konteks kekinian, bahasa pergaulan anak-anak remaja ini merupakan dialek bahasa Indonesia non-formal yang terutama digunakan di suatu daerah atau komunitas tertentu (kalangan homo seksual atau waria). Penggunaan bahasa gaul menjadi lebih dikenal khalayak ramai setelah Debby Sahertian mengumpulkan kosa-kata yang digunakan dalam komunitas tersebut dan menerbitkan kamus yang bernama Kamus Bahasa Gaul pada tahun 1999.Wikipedia
Berikut beberapa bahasa prokem yang biasa di gunakan oleh Anak muda Kota Bontang.


1. Dostip (Punya saya)
2. Kijil (Kecentilan)
3. Ais.. (Biasa digunakan saat mengeluh)
4. Singel kah? (Mengajak berantem satu lawan satu)
5. Nah... (Biasa dipakai di akhir kalimat pengganti titik)
6. Borro (Sombong/gaya)
7. Begajul (Begayaan)
8. Simpunin (Disusun kembali)
9. Semaput (Pingsan)
10. Angsul (Uang kembalian)
11. Botek (Bohong)
12. Pale' (Penekanan di akhir kalimat berarti pasrah)
13. Bombon (Permen)
14. Sekke (Pelit)
15. Lindung (Menghalangi)
16. Bombe' (Bermusuhan)
17. Ganteng Kamu (Sindiran yang suka tebar pesona)
18. Reting (Lampu sein kendaraan)
19. Taksi (Sebutan bagi angkutan kota)
20. Sota' (Sok Tahu)

Nah, Bagi kamu yang memiliki Kosakata yang mungkin belum ada dalam daftar di atas silahkan tambahkan melalui Kotak Komentar , jangan Lupa Login melalui akun facebook kamu ya...

Related Posts