Hindari 5 Kegiatan Ini saat Berada di Atas Tempat Tidur

shares |

Hindari 5 Kegiatan Ini saat Berada di Atas Tempat Tidur

Kamar bisa dibilang udah jadi comfort zone kita. Kita bakal melengkapi fasilitas apapun di dalam kamar demi kenyamanan kita ketika berada di kamar.

Bahkan kamar jadi rumah utama kita. Semua serba ada, mulai dari TV hingga kamar mandi. Alhasil, banyak juga kegiatan yang kita lakukan di kamar dan tempat tidur sering jadi arena kegiatannya.

Kita pun jadi nggak menyadari, kualitas tidur kita jadi terganggu berkat banyaknya kegiatan yang dilakukan di tempat tidur. Biar tidur kita nyenyak dan berkualitas, sebaiknya jangan lakukan lima kegiatan ini di atas tempat tidur.

1. Nonton TV

Sering kita tertidur saat nonton TV, apalagi kalau malam-malam lagi ada tayangan pertandingan bola. Layar TV yang tetap menyala bisa mengganggu tidur kita.

Seperti yang dikatakan W. Christopher MD, bahwa sinar layar bisa merangsang otak menghambat pengeluaran hormone melatonin yang diperlukan buat kesehatan tidur. Ia menyarankan sebaiknya mematikan TV seenggaknya sejam sebelum tidur.

2. Online di smartphone



Kegiatan ini pasti sering banget kita lakukan. Kehadiran smartphone memang memberikan manfaat positif maupun negative bagi kita.

Susah banget rasanya menghindar dari akses internet, apalagi menghindari godaan membukan media social di tempat tidur sambil nunggu ngangtuk.

Ahli tidur dari Universitas Southern California, Erci Kezirian, MD mengatakan, sinar pada layar smartphone apalagi saat lampu kamar dimatikan, bisa menyulitkan seseorang untuk tidur.

Layar smartphone memancarkan sinar biru yang juga memengaruhi produksi hormon melatonin. Jam biologis tubuh bisa terganggu karena pancaran sinar biru.

3. Ngemil

Emang enak sih ngemil di atas tempat tidur. Tapi sebaiknya kebiasaan ini jangan dilakukan, karena sisa-sisa makanan di atas kasur bisa mengundang serangga, misalnya semut, lalat, bahkan kecoa.

Munculnya serangga udah pasti bikin kita nggak nyaman dan tidur nggak nyenyak. Belum lagi kalau digigit, yang ada malah muncul masalah kulit.



4. Ngerjain tugas sekolah

Kasur itu fungsinya untuk istirahat tidur. Artinya kalau udah ngambil posisi di atas kasur, yang harus tidur. Sebaiknyajangan lagi mengerjakan pe-er atau tugas di atas tempat tidur.

Banyak yang berpikir bekerja di atas tempat tidur membuat kita jadi lebih produktif. Padahal itu justru bisa membuat kita jadi suka menunda pekerjaan. Menurut National Sleep Foundation, bekerja di atas tempat tidur bisa memperparah insomnia.

5. Tidur bareng peliharaan

Saking sayangnya kita dengan hewan peliharaan kadang kita suka mengajaknya tidur di atas kasur kita. Padahal ini berbahaya bagi kualitas tidur kita.

Menurut National Sleep Foundation, orang-orang yang berbagi tempat tidur dengan hewan peliharaan bakal lebih sering mengalami gangguan tidur. Entah itu karena hewannya yang banyak bergerak di atas kasur atau sering mengeluarkan suara. (hai-online.com)

Related Posts