Download Google Allo Tersedia di iOS dan Android

shares |

Google Allo

Google meluncurkan Allo, aplikasi percakapan instan milik mereka. Aplikasi tersebut bisa diunduh melalui Google Play Store maupun App Store mulai hari ini, Rabu 21 September 2016.

Allo dirancang untuk mempermudah penggunanya mengekspresikan diri sembari melakukan percakapan. Layaknya aplikasi pesan instan lain, Allo menawarkan juga fasilitas seperti stiker dari beragam artis independen hingga emoji, seperti dilansir melalui Engadget.com, Rabu 21 September 2016.

Yang membuat aplikasi ini berbeda dengan kompetitornya, Google sengaja membiarkan penggunanya mengatur sendiri ukuran teks, stiker dan emoji yang akan dikirim. Tombol pengiriman (send button) di sisi kanan aplikasi bisa digunakan untuk memperbesar dan memperkecil setiap pesan yang dikirimkan. Pengguna cukup menekan sambil menggesernya ke sisi atas atau bawah untuk mengatur ukuran yang diinginkan.



Allo juga menempatkan fitur menggambar dalam aplikasi agar pengguna bisa berkreasi lebih jauh saat mengirimkan sebuah gambar atau foto. Fitur menggambar ini memberi pengguna kesempatan menambahkan keterangan pada setiap foto yang dikirimkan.

Allo menawarkan pilihan menjawab cepat untuk setiap teks dan gambar yang diterima. Pilihan menjawab cepat ini akan muncul dibawah pesan terakhir yang diterima pengguna.

Seiring berjalannya waktu, aplikasi akan mampu membaca gaya ekspresi pengguna ketika menjawab sebuah percakapan. Mesin akan mempelajari kebiasan tersebut untuk kemudian menawarkan pilihan jawaban cepat yang tepat sesuai pola komunikasi penggunanya.

Yang paling istimewa dari Allo, Google memasukkan fitur Google Asisten dalam Allo. Fitur ini memungkinkan Google menyediakan jawaban yang tepat dari setiap kebutuhan penggunanya.

Dengan mengetikkan ”@Google” dilanjutkan dengan pertanyaan, layanan mesin pencarian akan menelusuri informasi yang pengguna butuhkan seperti restoran rekomendasi. Google akan menampilkan kartu informasi dari sebuah topik pertanyaan untuk kemudian didalami dengan menelusuri melalui browser.

Fitur Google Asisten ini merupakan bentuk lain dari fasilitas ”Ok Google” dalam bentuk teks. Pengguna cukup mengetikkan pertanyaan secara langsung dalam jendela percakapan tanpa harus keluar dari aplikasi Allo.

Untuk privasi dan keamanan, Allo menawarkan mode Incognito yang mampu mengenkripsi percakapan secara end-to-end , menggunakan notifikasi secara hati-hati dan memiliki batas waktu pesan terlihat. Pengguna hanya perlu menentukan pengaturan waktunya untuk menghilangkan pesan secara reguler. Selain itu percakapan reguler Allo juga tetap dienkripsi oleh Google.

Untuk menggunakan Allo, aplikasi membutuhkan nomor ponsel sebagai akun pendaftaran. Google menyatakan, pengguna Allo bisa mengirimkan pesan kepada pengguna lainnya yang tak memiliki Allo melalui layanan SMS dan aplikasi pesan dari Android.

Sumber : Tekno Tempo

Related Posts