Pencuri Smartphone Ditangkap Lewat Kode IMEI

shares |

Pencuri Smartphone Ditangkap Lewat Kode IMEI

Bantul, -- Seorang residivis yang melakukan pencurian telepon seluler jenis Smartphone di Kretek berhasil ditangkap polisi berdasarkan penelusuran kode international mobile equipment identity (IMEI), meski nomor sudah diubah.

Kapolsek Kretek, Kompol Supardi menjelaskan mendapatkan laporan warga Greges, Donotirto, Kretek, Sugiyadi yang kecurian tiga HP bertipe Blackberry Q10, Hp Samsung Galaxy Ace 3, Hp Sony Experia E4, serta sebuah dompet yang berisikan sejumlah uang dan surat-surat berharga miliknya yang disimpan didalam kamar.

"Korban kebetulan sedang Shalat Jumat, sedangkan istri berada di kamar belakang," ujarnya pada Kamis (14/4/2016).

Tersangka Wardianto bersama satu temannya bernama Darto menurutnya dengan leluasa memasuki rumah dan mengambil barang-barang tersebut dan membagi-baginya untuk dijual.

Setelah mendapat laporan dari korban, menurutnya polisi bergerak untuk menyelidiki keberadaannya.

"Dari ketiga HP, yang ketiga ternyata nomornya masih aktif," ujarnya.

Polisi menurutnya bisa menyelidiki posisi HP tersebut meski sudah berpindah tangan ke pembelinya melalui teknik dan taktik yang dimiliki poliSi yaitu menggunakan nomor IMEI yang ada pada smartphone.



"Meski nomor SIM-nya diganti, nomor IMEI masih bisa kita lacak," ujarnya.

Dari pembeli tersebut menurutnya didapatkan identitas pelaku yang kemudian dilakukan pengintaian dan penangkapan pada Selasa (12/4) di rumah kakak pelaku di Caturharjo, Pandak.

Wardianto menurutnya memang telah tiga kali keluar masuk penjara, karena perbuatannya tersangka dikenakan pasal 362 KUHP tentang pencurian dengan ancaman hukuman lima tahun penjara.

"Yang dua HP masih dibawa temannya yang tidak jelas keberadaannya, tapi temannya posisisnya masih kita lacak," ungkapnya.

Tersangka Wardianto sendiri mengaku hanya diajak oleh temannya yang disebutnya bernama Darno namun dia sendiri tidak tahu mengenai Darno selain dia adalah orang Bantul Bantul.

"Uangnya jualannya sudah buat bayar utang Rp 700 ribu," jelasnya. (tribunjogja.com)

Related Posts