Tips yang Bisa Anda Coba untuk Berhenti Merokok

shares |

Tips yang Bisa Anda Coba untuk Berhenti Merokok

Bagi perokok, menghentikan kebiasaan merokok sering dirasa berat. Banyak yang mengeluh tidak tahan jika aktivitas sehari-harinya tidak ditemani rokok.

Adapula yang merasa badannya tidak enak jika tidak merokok.

Selain itu, ada juga yang tidak bisa berhenti merokok karena alasan pertemanan.

Namun, menurut dr Alissyah, salah satu dokter umum di Puskesmas Umbulharjo 1 dan penanggung jawab Konsultasi Berhenti Merokok, ketika seseorang memutuskan berhenti merokok maka sebenarnya tidak ada efek samping apapun.

Hanya, psikis orang tersebutlah yang membuat seakan-akan berhenti merokok menimbulkan efek samping. Oleh karena itu, dalam pendampingan konsultasi berhenti merokok psikolog juga selalu dilibatkan.

Berikut beberapa tips berhenti merokok:

1. Pengalihan kebiasaan


Merokok setelah makan merupakan kebiasaan paling umum yang dilakukan perokok.

Agar kebiasaan tersebut dapat berkurang secara perlahan, coba alihkan dengan permen maupun makanan ringan lainnya.

Merokok saat BAB juga gemar dilakukan perokok. Namun, hal tersebut dapat dialihkan dengan mendengarkan musik maupun membaca.

Selanjutnya, alihkan dengan meminum air putih jika keinginan merokok kembali muncul.

2. Jauhkan asbak maupun korek

Asbak dan korek merupakan benda yang lekat denga rokok. Niat untuk berhenti merokok pun sering kali urung dilakukan ketika kembali lagi melihat dua benda tersebut.

Jadi, jika ingin benar-benar berhenti merokok, buang jauh-jauh dua benda tersebut.



3. Lingkungan yang mendukung

Buatlah kesepakatan tidak merokok, setidaknya dalam satu rumah. Kesepakatan tersebut akan membuat ruang dan waktu untuk merokok menjadi sempit.

Otomatis, mau tidak mau konsumsi rokok akan berkurang. Agar lebih efektif sebaiknya berikan hukuman kepada yang melanggar, bisa berupa denda atau kerja sosial membersihkan rumah. (tribunjogja.com)

Related Posts